Sabtu, 06 Februari 2016

Gambar untuk hasil berita 

Bawang Putih Warna Hijau Jadi Sajian Spesial Saat...
Detikcom - 15 jam yang lalu
Bawang putih biasanya berwarna putih bersih. Tapi, orang-orang yang di utara China ini ...Bawang putih biasanya berwarna putih bersih. Tapi, orang-orang yang di utara China ini mengolah lagi bawang putih menjadi hidangan khusus untuk imlek​.​

Masyarakat yang tinggal di bagian utara China punya tradisi unik sebelum Tahun Baru Imlek datang. ​Mereka menyebutnya​ Festival Laba, hari ke delapan di bulan ke-12 dalam kalender China. Hari ini menandakan ​t​ahun ​b​aru Imlek telah dekat. Karenanya, mereka akan membuat hidangan perayaan dan kudapan istimewa seperti bubur dan bawang putih yang dibuat acar.

Acar bawang putih ini lain dari biasanya, warnanya hijau kebiruan, dengan rasa asam pedas. Walau terlihat sepele, kehadiran bawang putih berwarna cantik ini menjadi suatu keharusan. Pasalnya, bawang putih hijau bisa menjadi penetralisir tubuh yang telah mendapatkan asupan makanan berlemak setelah acara makan-makan.

Seperti yang dilansir dari China Daily (05/02), membuatnya cukup mudah. Bahannya hanya bawang putih yang warna kulitnya kemerahan, sebuah wadah seperti stoples kaca, dan cuka beras.

Pertama, bawang putih harus dikupas lebih dulu dalam keadaan kering. Masukkan bawang putih yang kering itu ke dalam botol dan isi dengan cuka beras. Tutup botol rapat-rapat.



Setelah memasukkan bawang putih ke dalam botol, pastikan untuk menyimpan botol ke dalam ruangan dengan suhu rendah, orang China bahkan menempatkannya di suhu di bawah 10 C. Waktu penyimpanan ini memang tidak menentu, namun biasanya selama 20 hari, atau selama bawang putih berwarna hijau.

Dahulu, tahapan penyimpanan ini dibantu dengan keadaan cuaca yang sudah sangat dingin. Prosesnya pun jadi lebih alami dan menghasilkan bawang putih dengan rasa dan tekstur yang lebih enak. ​Kini​, telah banyak yang menaruhnya di dalam freezer, dan menjadikan bawang putih punya rasa yang agak berbeda.

Warna hijau cantik yang keluar dari bawang putih karena adanya allinase, atau enzim dari bawang putih yang berubah strukturnya karena menyerap sulfur. Zat-zat itu kemudian menghasilkan warna biru dan kuning, yang kemudian tercampur menjadi hijau. Karena efek ini, rasa bawang putih jadi kurang tajam, jadi aman untuk dinikmati oleh segala usia.

Bawang putih laba mengandung banyak nutrisi. Diantaranya ada kalium, ferrum, selenium, timah, dan asam folik. Orang China mengonsumsinya juga dengan harapan akan bisa mengambil khasiat kesehatannya, antara lain untuk mencegah batuk dan tekanan darah rendah.

Orang China sangat menyukai bawang putih ini, walaupun tidak mau memakannya dalam jumlah banyak, karena bisa menyebabkan rasa lelah. Konsumsi bawang putih pun terbatas dan dalam jumlah yang wajar.

Selain bawang putih berwarna hijau, bubur dan dim sum juga menjadi hidangan spesial di Festival Laba.

             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar